Arifatul Hafid Achsan

  • Apa itu Inbound Marketing ? , Apa bedanya Inbound dan Outbound Marketing. Kali ini kita akan membahas kedua istilah tersebut.  Keuntungan suatu bisnis bergantung pada kegiatan pemasarannya. Proses pemasaran biasa disebut dengan istilah marketing. Pengertian marketing di dalam masyarakat sering disalah artikan. Marketing sering kali disama artikan dengan sales. Padahal dalam bahasa inggris pun jelas bahwa marketing berarti pemasaran, sedangkan sales berarti penjualan.

    Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

    Seperti yang disampaikan oleh Syaiful Islam pada Seminar Empowering Bussiness and Technology ITB ASIA(23/11) , seorang pakar dibidang marketing, yakni bisnis intinya ada 2, yaitu Marketing dan Inovasi. Marketing merupakan cara yang dipakai untuk menggaungkan produk yang kita buat, sedangkan inovasi adalah pembeda produk kita dengan produk produsen lain.

    WhatsApp Image 2019-11-25 at 21.42.26

    Konsep Inbound Marketing berbeda dengan iklan pada umumnya, yakni yang biasanya iklan menampilakan sesuatu yang monoton dan terkesan membosankan. Inbound Marketing tertuju pada cara bagaimana cara iklan yang kita tampilkan tidak dihindari calon konsumen, dengan kata lain, iklan yang kita tampilkan malah dicari oleh calon konsumen kita.

    Pengertian Inbound Marketing
    Jadi yang dimaksud inbound marketing adalah suatu metode atau cara yang digunakan oleh produsen untuk menarik calon konsumen dengan cara yang unik dan menarik. Dengan cara tersebut, maksud dan tujuan produk yang akan kita pasarkan dapat dinikmati oleh konsumen. Tentunya dengan cara yang tidak biasa serta membosankan yakni dengan cara membawa cerita yang dapat menarik hati konsumen. Dengan cerita yang diangkat pada iklan kita, konsumen akan tetap bertahan untuk memahami maksud dari iklan tersebut. Sehingga cerita dari iklan tersebut dipahami secara tuntas. Inti dari Inbound Marketing adalah menampilkan iklan yang out of the box yang dapat menarik perhatian konsumen, dengan cara tersebut konsumen tidak hanya melihat iklan yang kita tampilkan, akan tetapi mereka mencari iklan kita, melihat dan bahkan membagikan iklan kita tersebut. Dari pemaparan diatas, kita tahu iklan apa saja yang menggunakan teknik inbound marketing.

    Sebagai contoh adalah iklan-iklan dibawah ini :
    1. Bloopers pada Iklan Shampoo Head & Shoulders Hasil gambar untuk joe taslim head & shoulders"
    Kita tentu telah melihat iklan yang tayang pada laman youtube tersebut. Iklan yang menampilkan tentang Shooting Take pada shampoo asal eropa tersebut banyak melakukan kesalahan pada take adegan. Apakah kita berpikir bahwa iklan tersebut cacat?. Kalau dilihat dari konten yang tersaji, tentu saja itu adalah kesalahan. Akan tetapi kesalahan tersebut dibuat dengan pola yang sudah disetting sebagaimana rupa sehingga cacat take tersebut justru menarik calon konsumen. Yap, sebagian besar dari kita justru tertarik pada iklan tersebut dibandingkan versi sempurnanya.

    2. Iklan Lucu Menggelitik ala AXIS
    Pernahkah Anda melihat iklan Provider seluler AXIS ? , Bagaimana menurut pandangan Anda? . Sebagian besar dari kita menganggap iklan itu lucu, menarik, dan tidak jarang dari kita menganggap iklan tersebut menjijikkan. Tapi itulah tujuan sebenarnya dari pembuat iklan tersebut. Iklan yang disajikan dengan cara yang unik dan menggelitik yang disaksikan secara terus-menerus dapat tertanam pada memori konsumen. Inilah maksud dari produsen provider yang kini merger dengan XL AXIATA tersebut.

    Hasil gambar untuk iklan axis"

    Dari 2 contoh diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Inbound Marketing adalah cara yang ampuh untuk memasarkan produk yang kita hasilkan. Disamping Inovasi yang tetap kita kembangkan, memasarkan dengan cara yang berbeda sangat diperlukan. Apalagi dengan adanya persaingan Global yang mengharuskan produsen untuk tetap berinovasi agar tetap pada lingkaran persaingan.

    Pentingnya Consument Experience 
    Dalam dunia Programming, ada istilah UI dan UX. UI kepanjangan dari User Interface atau tampilan aplikasi yang dilihat langsung oleh pengguna. Sedangkan UX adalah User Experince, yakni metode yang digunakan untuk mendapatkan pengalaman pemakaian oleh pengguna agar dapat memakai aplikasi tersebut dengan mudah. Dalam dunia marketing UX juga diterapkan yaotu Consument Experience. Adalah cara-cara  yang digunakan agar konsumen dapat dengan senang hati menggunakan aplikasi secara luas,. Cara tersebut dapat berupa tampilan iklan yang menarik, juga dapat mendapatkan pengalaman baru pada iklan tersebut.

    Contoh yang paling umum adalah Market Place yang sekarang tidak hanya sebagai tempat jual beli barang secara online, tetapi juga digunakan sebagai platform pembayaran online (PPOB) yang diantaranya dapat melakukan pembayaran Real Time , sehingga konsumen tidak perlu berganti-ganti apliksa, akan tetapi cukup 1 aplikasi untuk berbagai pembayaran.

  • Kali ini kita mendapatkan tugas untuk mecari dan membuat video tentang hal yang disukai mahasiswa. Apa itu hal yang disukai oleh mahasiswa? Mengapa kita memilih tema tersebut? Kali ini kita akan sedikit mengupas permasalahan tersebut. Hal yang disukai mahasiswa banyak sekali. Mulai dari sekedar hobi sederhana sampai dengan kegiatan yang dapat mendatangkan manfaat. Kali ini kita menyusun sebuah video yang berkaitan dengan hal tersebut.

    Sebut saja kegiatan tersebut adalah nongkrong, apa itu nongkrong?. Menutur Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti Nongkrong – Nongkrong memiliki 1 arti. Nongkrong memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga nongkrong dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Nongkrong termasuk dalam ragam bahasa cakapan. Nongkrong masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia.

    Arti: Nongkrong adalah istilah yang digunakan untuk berkumpul bersama teman-teman di suatu tempat. Melibatkan pembicaraan segala macam hal, mulai dari yang remeh sampai yang serius.

    Annotation 2019-11-23 025312

    Nongkrong yang kami lakukan bukannya tanpa maksud. Tapi memiliki tujuan yakni bertujuan untuk membuat sebuah blog yang nantinya akan kita susun sebagai bahan tugas untuk digital marketing mata kuliah Technology in Practice. Manfaat yang kita peroleh adalah kita dapat menyelesaikan 2 tugas dalam waktu yang bersamaan

  • ThumbnailPerkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini telah merubah setiap aspek kehidupan manusia. Proses pemenuhan kebutuhan hidup yang serba online, transaksi tukar menukar barang yang cepat dan mudah, […]

  • Digital Marketing adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunakan media digital. Yang termasuk Media Digital antara lain adalah : Television, Radio, Internet, Mobile, Social Media dan berbagai media digital media lainnya, dimana teknik-teknik internet marketing termasuk dalam kategori Digital Marketing.
    Apa yang menjadi kelebihan Digital Marketing dibandingkan Conventional Marketing yang lebih mengandalkan pemasaran offline seperti door to door, penyebaran marketing kit seperti (brosur, leafet dan poster), billboard, iklan media cetak seperti (Koran, majalah, dll) telemarketing lewat telpon.
    Bisa dibilang Digital Marketing menggunakan tools yang dapat mengefektifkan kinerja pemasaran Anda, bayangkan dengan website dan social media maka kita bisa menjangkau pemasaran ke seluruh belahan dunia tanpa dengan mudah, bayangkan bila Anda menggunakan media conventional maka effort yang Anda butuhkan lebih besar untuk menjangkau pasar yang begitu besar. Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan social media karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu bagi target audience kita untuk membaca promosi kita.
    Bayangkan seringkali kita diberikan brosur di Mall-Mall dan karena kita belum membutuhkannya maka seringkali brosur itu kita buang sehingga terjadi pemborosan resource pada jenis pemasaran conventional, demikian dengan pemasaran langsung door to door seringkali para sales menawarkan kita pada waktu yang kurang tepat, bahkan untuk pemasaran telemarketing seringkali kita menerima penawaran kartu kredit ataupun produk investasi pada waktu yang kurang tepat sehingga kita merasa terganggu.
    Kita harus berterima kasih pada digital marketing  bayangkan apabila semua perusahaan menerapkan metode digital marketing maka kita diberikan kebebasan dan kita tidak  lagi tergganggu oleh para sales produk/ brand, selain itu digital marketing memiliki nilai eco friendly karena sifatnya yang paperless, bayangkan bila semua dari kita menggunakan metode digital marketing berapa banyak pohon yang kita bisa hemat di dunia ini. Kunci Sukses Digital Marketing adalah Content Promosi Anda Sebenarnya digital marketing maupun conventional marketing semuanya adalah metode marketing keduanya sama-sama memerlukan content marketing yang benar-benar sesuai dengan target market.
    (source : kompas.co.id)

  • Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

    Software aplikasi grafis terbagi menjadi 2 yaitu :

    1. SOFTWARE APLIKASI GRAFIS BERBASIS VEKTOR

    Citra tersusun atas garis dan bentuk geometris (kurva). Bersifat resolution independent yang mempunyai arti gambar tetap baik tanpa tergantung resolusinya. Jadi meskipun diperbesar tetap tidak berkurang kualitasnya.

    Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis vector dikenal dengan istilah Draw Software. File gambar bertipe vector yang terkenal EPS (Encapsulated Post Script) dan CGM (Computer Graphic metafile).

    Software ini terbagi menjadi 2 :

    Software aplikasi vector 2 dimensi
    – Adobe Illustrator, macromedia freehand dan Corel Draw

    Software aplikasi vector 3 dimensi
    – Maya 3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, AutoCad, 3D Home Architect

    Kelebihan Grafis Vektor

    Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien .
    Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
    Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
    Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

    Kekurangan Grafis Vektor
    Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dar

  • 1. Serif

    Jenis huruf Serif atau yang biasa disebut dengan counterstroke. Adalah sebuah huruf yang mempunyai garis-garis kecil yang berbentuk berdiri tegak atau horizontal pada badan huruf yang kita gunakan. Mengapa disebut counterstroke karena huruf ini mempunyai garis-garis kecil sehingga bisa disebut dengan counterstroke. Counterstroke ini yang membuat jenis huruf serif lebih mudah dibaca karena garis tersebut membantu mata kita yang sedang membaca melalui suatu garis teks. Sangat cocok digunakan untuk teks content atau isi.

    5 jenis font terbaik serif, yaitu : times new roman, bodoni, georgia, garamond, dan baskerville. 
    2. Sans Serif

    Jenis huruf sans serif adalah jenis huruf yang tidak mempunyai garis-garis kecil dan sifatnya solid. Jenis huruf sans serif ini bertolak belakang dengan jenis huruf serif. Mengapa jenis huruf sans serif ini tidak mempunyai garis-garis kecil, dikarenakan jenis huruf seperti ini lebih tegas, bersifat fungsional dan lebih modern.
    5 jenis font terbaik sans serif, yaitu : helvetica, verdana, arial, century gothic, dan calbiri.
    3. Slab Serif

    Jenis font slab serif ini adalah salah satu jenis font yang bentuknya memanjang dan sering digunakan pada media surat kabar atau biasa juga digunakan pada buku-buku. Tetapi seiring dengan  perkembangan font slab serif ini tidak hanya digunakan pada media percetakan saja, bahkan font ini sudah digunakan para desainer untuk membuat sebuah poster dengan menggunakan font jenis slab serif ini.  Serif Slab adalah inovasi bagi anak muda untuk membandingkan dengan jenis tipografi lain. Namun jenis font slab serif ini mempunyai kekurangan yaitu jenis font ini sangan monoton dan mempunyai bentuk geometrisnya hadir dalam bentuk serif yang lebih mengingatkan pada era kuno daripada masa kontemporer saat ini. Oleh karena itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa hal itu tidak bisa relevan untuk perkembangan teks di masa depan sekarang.
    5 jenis font terbaik slab serif, yaitu : Rockwell, courier, museo, clarendon, dan bevan.
    4. Script

    Font script ini adalah salah satu jenis font yang sering digunakan untuk poster atau cover yang bertemakan horror, sad dan masih banyak lagi. Font ini adalah salah satu jenis font yang susah dicari, karena font ini memiliki banyak kegunaan dan tergolong sangat sangat langka. Dan biasanya jenis font berjenis script ini digunakan untuk menggambar sebuah tanda tangan seorang artis.
    5 jenis font terbaik script, yaitu : lobster, lucida, pacifico, dan brush script.
    5. Modern

    Jenis font ini adalah salah satu jenis font yang saat terbaru dan sangat diminati oleh para desainer. Dikarenakan jenis font ini menghilangkan sifat ukiran.
    5 jenis font terbaik modern, yaitu : politica, matehbook, dan eurostyle.
    sumber : https://www.dumetschool.com/blog/Psikologi-Berbagai-Jenis-Font-Dalam-Bidang-Desain-Grafis

  • Kalian anak desain, pasti sudah enggak asing lagi kan sama yang namanya white space. Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu white space? Mengapa kehadirannya dibutuhkan dalam desain? Dan website keren apa saja yang menerapkan white space? Berikut IDS bahas selengkapnya!

    Apa Itu White Space?
    1White space adalah ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan ruang antara kolom, atau bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai negative spaceNegative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna putih yang dapat digunakan dalam pembuatan desain yang dibuat tetapi juga warna – warna lain yang dapat diaplikasikan. Karena yang dapat dikategorikan sebagai white space adalah setiap ruang yang tidak berisi atau sengaja dibiarkan kosong. Oleh karena itu, bisa berwarna hitam, hijau ataupun merah asalkan benar-benar kosong tanpa tulisan dan gambar.

    Mengapa Perlu Ada White Space?
    2
    White space diperlukan untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang terlalu padat. Beberapa kegunaan white space di antaranya,

    Membantu tercapainya readability dan legibility sebuah layout;
    Menciptakan struktur informasi yang rapi;
    Menciptakan keseimbangan komposisi layout;
    Memberikan penekanan terhadap informasi yang ingin disampaikan terlebih dahulu.Istilah minimalist desain tampaknya menjadi salah satu bentuk dari pengaplikasian white space yang baik;

    Membuat desain terlihat lebih elegan.

    Untuk mengilustrasikan seberapa efektif white space dalam membantu kita memproses informasi di media cetak, lihat contoh di bawah ini dari website Digital Ink
    3
    Lihat perbedaannya? Tata letak di sebelah kiri menggunakan sebagian besar ruang yang tersedia, tetapi terlihat ramai dan berat. Sehingga membuat mata merasa tidak nyaman menatap untuk waktu yang lama.
    Sebaliknya, tata letak di sebelah kanan menggunakan kolom yang lebih lebar dan jarak yang lebih jauh antar paragraf. Ini adalah perubahan desain sederhana yang memiliki dampak besar pada pembuatan artikel yang terlihat lebih enak untuk dibaca. Selain membuat tata letak lebih mudah dipahami, spasi juga dapat menekankan elemen tertentu, membantu pembaca memahami apa yang harus  difokuskan. Menggunakan spasi untuk memisahkan tata letak dan mengelompokkan hal-hal tertentu dan membantu menciptakan rasa keseimbangan.

    White Space dalam Desain Website
    4
    Ketika merancang situs web, spasi sangat penting – tidak hanya dari sudut pandang estetika, tetapi juga dari perspektif pengoptimalan konversi. Menggunakan spasi secara efektif dapat membuat situs web  lebih mudah dinavigasi, mudah dipahami, dan ramah-konversi.
    Faktanya, penelitian klasik yang dilakukan oleh Human Factors International menemukan bahwa, menggunakan spasi untuk menekankan elemen penting pada sebuah situs web meningkatkan pemahaman hampir 20 persen.
    Di sebelah kiri, tombol “Call to Action” terlihat tidak memiliki ruang, terjepit di antara teks yang terlalu padat sehingga sulit bagi pengunjung untuk fokus pada hal penting. Di sebelah kanan, “Call to Action” telah diisi beberapa ruang kosong yang sangat dibutuhkan. Tombol tersebut tampak menjadi titik fokus pada halaman, mendorong pengunjung untuk memperhatikan.
    Dengan menambahkan beberapa ruang kosong di sekitar tombol tersebut, beberapa konten lain di laman tersebut berpindah ke bawah dan terlihat lebih baik. Tidak semuanya harus berada di atas). Bahkan, para desainer tidak mencoba banyak konten karena akan terlihat berantakan.
    Berikut ada beberapa contoh website yang sudah menerapkan white space,

    1. Everlane
    5
    Untuk memperlihatkan koleksi pakaian terbarunya, website Everlane menggunakan setting yang minimalis, hanya latar belakang yang penuh memamerkan foto blazer “GoWeave” dan tombol “Shop Now” yang diletakan pada tengah-tengah layar. Hal ini mendorong pengunjung untuk mengklik. Cara ini adalah contoh sempurna dari mengarahkan pengunjung ke arah tindakan tanpa perlu memaksa.

    2. Simpla
    6
    Homepage sederhana yang sangat minim ini menggunakan spasi untuk mendorong pengunjung agar terus scroll. Bagian atas foto dengan paragraf pendek teks dan panah – mengundang pengunjung untuk terus membaca dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan misi mereka. Penggunaan ruang putih yang unik ini tidak hanya terlihat canggih, tetapi juga secara strategis menarik pengunjung lebih jauh ke dalam situs.

    3. Harvard Art Museums
    7
    Museum Seni Harvard mungkin dikenal karena menampilkan lukisan kuno, tetapi situs mereka sebenarnya modern. Ruang putih di sini memberikan latar belakang yang sempurna untuk seni unggulan. Dan demi menjaga estetika galeri, navigasi situs benar-benar tersembunyi sampai pengguna mengarahkan mouse mereka ke bagian atas halaman.
    Nah, itu dia hal-hal seputar white space dalam desain yang perlu diperhatikan penggunaannya. Kehadirannya penting, bukan hanya sebagai sebuah jeda, tetapi juga sebagai visual yang bisa memperindah grafis bahkan pada media iklan sekalipun.
    sumber : https://idseducation.com/articles/seputar-white-space-yang-perlu-kamu-tahu/

  • Elemen desain adalah satu hal yang terpenting dalam desain grafis. Hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain. Layaknya sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen adalah dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak bisa langsung ke atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain.
    Image result for elemen desain"

    Elemen-elemen desain sendiri terdiri atas 6 hal yaitu garis (line), bentuk (shape), tekstur (texture), ruang, ukuran, dan warna. Tak kenal, maka tak sayang. Yuk, kita bahas satu-satu biar lebih kenal biar nantinya jadi paham.


     1.    Garis (Line)
    Garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga tergambarlah sebuah garis dengan bentuk lengkung (curve) atau lurus (straight). Mampu membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak serta memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis dapat diaplikasikan dalam pembuatan grafik atau bagan.
    2.    Bentuk (Shape)
    Bentuk adalah seperangkat garis yang ditempatkan berdekatan, memiliki diameter, tinggi dan lebar. Ini merupakan obyek 2 (dua) dimensi. Berdasarkan sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu huruf, simbol, dan bentuk nyata (form). Selain itu hal ini dapat digunakan sebagai perantara sebuah ide.
    3.    Tekstur (Texture)
    Tekstur merupakan sebuah visualisasi dari permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Tekstur dapat menambah dimensi dan kekayaan sebuah layout, menegaskan atau membawa ke dalam sebuah rasa/emosi tertentu.
    4.    Ruang
    Ruang adalah jarak yang memisahkan antar sesuatu. Biasanya digunakan memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layout. Ruang juga berfungsi sebagai tempat istirahat bagi mata. Dalam bentuk fisiknya, pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
    5.    Ukuran
    Ukuran adalah seberapa besar atau kecil sesuatu hal. Perbandingan ukuran satu bentuk terhadap bentuk lainnya. Dengan menggunakan elemen ini kamu dapat menciptakan kontras dan penekan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan tahu sisi menarik atau menonjol dari desain itu dan melihatnya terlebih dahulu.
    6.    Warna
    Warna merupakan media paling akhir dalam komunikasi simbolik dan yang terpenting.Nyatanya, warna dibagi ke dalam dua section, warna yang timbu

  • Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

    Dikenal pula seni rupa huruf (type design), yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

    Image result for font"

     

    Sejarah Tipografi

    Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan piktogram. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus. Bentuk tipografi tersebut akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa.

    Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruria yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.

    Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

    Image result for typografi"

    PENTINGNYA SEBUAH HURUF
    Huruf dan tulisan memiliki arti amat penting bagi manusia. Bahkan, yang namanya peradaban atau masa sejarah ditandai dengan peristiwa dikenalnya tulisan oleh manusia. Zaman sebelum ada tulisan sering disebut zaman prasejarah. Kalau Anda melihat ke buku atau ke layar komputer, Anda akan melihat huruf dan tulisan. Di jalanan pun Anda akan melihat tulisan. Di pakaian, di badan mobil dan pesawat terbang, bahkan di gua-gua purbakala Anda bisa menjumpai tulisan. Selain gambar, huruf adalah cara manusia berkomunikasi secara visual.
    Sebuah huruf atau font (asal kata dari fount, dari typefoundry) adalah serangkaian glyphs yangmempresentasikan karakter-karakter dari serangkaian karakter tertentu didalam typeface tertentu.

    Secara tradisional sebuah huruf (font) spesifik dengan ukuran tertentu (tinggi karakter), berat (seberapa gelap teks tampak, missalnya tebal/ bold, atau tipis/light) dan gaya (umumnya regular, italic atau condensed). (sumber:wikipedia.com)

     

    Tipe/Typeface atau Font
    Satu hal pertama yang Anda bisa perhatikan dari tulisan-tulisan yang berbeda itu adalah, bahwa bukan huruf-hurufnya saja yang berbeda, melainkan jenis hurufnya juga. Huruf “A” atau “a” di sebuah tulisan bisa berbeda dari huruf “A” dan “a” yang lain. Anda tahu bahwa keduanya abjad alfabet yang sama, tapi Anda juga mengamati bahwa jenis hurufnya berbeda. Bisa jadi yang satu lebih tebal atau gemuk dari yang lain, bisa jadi kaki-kaki hurufnya ada yang memiliki tangkai, atau lebih pendek atau lebih panjang, dan sebagainya. Sebuah jenis huruf yang sama kadang diberi nama tertentu (misalnya: Times New Roman).
    Jenis huruf ini disebut typeface, atau singkatnya tipe. Sekarang orang juga sering menyebut jenis huruf dengan font, karena file yang berisi informasi sebuah typeface di komputer diberi istilah font (misalnya, di Windows, informasi untuk menggambar tipe Arial disimpan dalam file ARIAL.TTF). Di dalam dunia tipografi tradisional (nondigital), yaitu saat huruf dicetak menggunakan balok-balok logam, font memiliki arti lain kumpulan balok-balok huruf logam yang memiliki satu typeface dan satu ukuran tertentu. Belakangan barulah orang-orang komputer memakai kembali istilah font untuk bidang tipografi digital. Kedua istilah typeface/tipe dan font dalam artikel ini akan dipakai bergantian.  (sumber http://kelasdesain.com/apa-itu-typografi/)

     

  • Arifatul Hafid Achsan became a registered member 2 years, 2 months ago